Tentang Kesalahan

Hai Guys...

Selamat datang di dunia dimana meskipun banyak  kebaikan yang kamu tanam tapi kamu melakukan kesalahan sekali saja maka semua kebaikan itu akan musnah. Tamat. Hilang tak berbekas. Tak pernah terkenang secuilpun. Kejam sekali ya hidup, hehe

Tapi ngga semua nya seperti itu lho ya....

Pernah mengalami?

Miris sekali bukan? Ya itulah dunia sekarang. Ah atau mungkin saja itu terjadi di duniaku saja. Tapi masih boleh saya melakukan pembenaran diri bahwa kesalahan yang manusia lakukan kadangkala juga ada faktor ketidaksengajaan disana? Bukan murni karena kita ingin berbuat salah? Tidak bisakah memberi sedikit ruang untuk orang lain menjelaskan. Adakalanya ada kondisi yang tidak mampu kita kendalikan yang akhirnya akan iberujung kesalahan? So, berusaha jadilah seseorang pendengar yang baik, jangan jadi penjudge orang lain
Tapi memang itulah sedikit kejadian nggak mengenakan yang kerap terjadi.Kalo ditanya sedih ngga? Heii ya pasti sedihlah, karena kita manusia biasa. Bukannya butuh pengakuan dan penghargaan atas “kebaikan”. Tapi salahkah jika kita berharap dimaafkan tanpa pengungkitan kesalahan? Sekuat apapun kita mencoba untuk selalu menjadi benar dan baik, adakalanya secara tidak sengaja kita membuat kesalahan kan?
Bukannya saya memanusiawikan “kesalahan” ya. Hanya saja jika seseorang berbuat kesalahan bukannya itu wajar. Setiap manusia sepertinya tidak pernah lepas dari kesalahan.
Bukannya mengungkit kebaikan yang telah kita lakukan. Tidak. Tidak ada sdikitpun maksud begitu. Hanya saja merasa kecewa tidak dlarang kan?
Kadangkala timbul pemikiran dan pembenaran diri. Apakah sesalah itulah saya? Padahal ketika orang lain melakukan kesalahan yang sama seperti yang saya lakukan mereka tidak mendapat feedback seperti yang saya alami. Atau mungkin itu haya sekedar perasaan saya saja?
Nah parahnya kita tidak bisa mengendalikan sikap dan sifat orang lain ke kita. Jadi di akhir kita hanya bisa menerima apapun sikap mereka ke kita. Bukan menerima dalam arti menerima kekalahan dan diam. Tapi berusaha diam untuk tidak memicu keadaan yang lebih buruk lagi.
Tapi, di balik semua kejadian seperti itu ada hal positif yang bisa kita ambil. Karena seperti yang sering saya bilang selalu ada hal baik di semua hal yang terjadi, meskipun itu hal yang kita anggap “tidak baik” sekalipun. Tergantung dari sudut pandangn  mana kita memandang.
Ketika kita menganggap apa yang orang lain lakukan ke kita itu tidak baik maka jangan sekali-kali untuk melakukan hal yang sama. Ketika kita melakukan hal yang sama lantas apa bedanya kita sama mereka. Hargailah kebaikan orang lain. Kalaupun jika suatu saat nanti mereka melakukan kesalahan janganlah langsung di “skakmat”kan. Dengarkan dulu penjelasan mereka. Siapa tau ada alasan yang memang harus diungkapkan. Jangan jadi pemarah dan pen-judge-. Karena sungguh ngga ada manfaatnya menjadi seorang pemarah. Yang ada mungkin hanya penyesalan di akhir.

NB: Tidak ada maksud menggurui yaa..

Oke.. semoga ada hal baik yang bisa di ambil. ^_^


Terimakasih....

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seni Dalam Menunggu (The Art of Await)